NEWS
DETAILS
Jumat, 22 Jan 2021 08:55 - Komunitas Astra Motor Balikpapan

Kabupaten Paser - Komunitas Honda adalah komunitas motor terbesar di Indonesia. Komunitas Honda adalah partner sekaligus Branch Ambassador/role model yang menjadi perwakilan Honda dalam berbagai kegiatan seperti kampanye keselamatan berkendara, kepedulian sosial dan juga kegiatan lainnya. Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 yang menaungi beberapa wilayah yang terdiri diantaranya ialah : Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, Berau, Tarakan, Nunukan, dan Tanjung Selor.

Saat berkomunitas pastinya sangat menginginkan kekompakkan dan kesolidan yang tercipta didalam-nya. Kekompakkan dan kesoildan dapat diraih melalui berbagai macam kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan bersama sesuai dengan visi dan misi didalam Internal Komunitas. Perlu diketahui bahwa, Komunitas  Honda dibeberapa daerah Astra Motor Kaltim 1 terbilang cukup kompak dan solid. Salah satunya adalah komunitas “Independent Beat Brotherhood Paser atau yang sering dikenal dan disingkat IBBP”.

Independent Beat Brotherhood Paser atau IBBP adalah komunitas Honda segmen matic yang telah berdiri sejak 25 Mei 2010 di salah 1 cafe di Tanah Grogot. Asal mula nama komunitas IBBP diputuskan berdasarkan hasil kesepakatan bersama didalam internal dan juga dikarenakan ingin mempunyai nama club yg beda dengan arti nama club yang juga berbeda dari yg lain. IBBP ialah persaudaraan Beat Paser yang berdiri sendiri, yang dimana arti “Berdiri sendiri” adalah atas keinginan internal sendiri tanpa ada paksaan untuk membuat club dari siapapun.

Struktur kepengurusan IBBP dibentuk dan dilakukan perubahan dengan maksimal 2 tahun dalam 1 periode. Tujuan pemilihan dan melakukan perubahan dalam pengurus IBBP agar masing-masing member mendapatkan kesempatan maupun pengalaman untuk lebih dalam lagi belajar dalam ber-organisasi saling membantu mengenai hal-hal yang positif.

IBBP memiliki jumlah member sebanyak 80 orang didalamnya yang masih aktif dan juga masih te-registrasi sampai saat ini. Untuk bekumpul dan bertemu sesama member, IBBP rutin melakukan kopdar guna mempererat persaudaraan dan kekompakkan member komunitas didalamnya yang sudah bisa dikatakan adalah keluarga Beat Paser. Lokasi Kopdar IBBP ini di depan Dealer Astra Motor Tanah Grogot.

“Banyak sekali kegiatan yang telah dilakukan oleh IBBP yang telah berdiri kurang lebih hampir 11 tahun ini, Hal inilah yang membuat semua anggota member merasakan persaudaraan yang begitu kuat layaknya keluarga sendiri” ujar Ade Azme Selaku Penasehat IBBP.

IBBP yang tergabung dalam RBI (Republik Beat Indonesia) juga aktif mengikuti rangkaian-rangkaian kegiatan yang diadakan. Pada tahun 2015 kegiatan Jambore Nasional RBI diadakan di Kota Ternate, pada kegiatan tersebut IBBP turut hadir dan diberikan penghargaan sebagai peserta mengaspal terjauh yang diberikan langsung oleh oleh ibu istiani AH. IBBP juga kembali menghadiri Jambore Nasional Republik Beat Indonesia (RBI) di Kota Palu pada Tahun 2017.

Angga mengatakan, “Kegiatan City Rolling, Sunday Morning Ride (Sunmori), bahkan Touring juga kita lakukan setiap minggunya sebagai ajang refreshing di hari weekend sambil membawa keluarga masing-masing bagi yang sudah bekeluarga, supaya kental kekeluargaan di IBBP pastinya”, ujar Divisi Touring IBBP

Selain itu, bukan hanya kegiatan bersenang-senang didalam internal komunitasnya yang dilakukan IBBP tetapi IBBP juga peduli terhadap masyarakat. Kegiatan sosial atau CSR juga menjadi kewajiban terpenting yang harus dilakukan bagi IBBP. Apalagi di-era Pandemi COVID-19 ini dan juga banyaknya Bencana yang Indonesia alami di awal Tahun 2021 ini salah satunya bencana alam banjir yang melanda Kalimantan Selatan, banyak masyarakat sangat mengharapkan bantuan untuk kembali melangsungkan hidupnya sehingga IBBP peduli terhadap sesama

"Penting bagi kita melakukan kegiatan sosial yang dimana bisa membantu sesama adalah hal yang paling mulia dilakukan, dimana dapat mengurangi dan meringankan sedikit beban dari orang yang membutuhkan untuk sebuah kebahagiaan", ujar Usman Selaku Humas IBBP.

dan lainnya lagi, Kegiatan yang berkesan adalah dimana IBBP bisa melaksanakan Anniversary Sewindu pada tahun 2018 yang berlokasi di Gedung Awa Mangkurutu Grogot. Berbagai rangkaian menarik dilaksanakan untuk merayakan sewindu (8 Tahun) Anniversary, seperti rolling city, Honda modif exhibition contest, lagu dari band-band lokal dan turut mengundang Perwakilan Main Dealer Region Astra Motor Balikpapan serta Perwakilan Polantas Pasir Bapak Kamin dan diakhir acara ditutup oleh DJ lokal yang dihadirkan khusus sebagai persembahan malam puncak acara ini.

IBBP juga aktif dan totalitas mengikuti acara-acara yang diadakan oleh AHM dan Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 baik secara Offline mapun Online, jika apabila juga kegiatan diadakan di Kabupaten Paser dan ada tapping HCID yang dibuat oleh AHM untuk mendapatkan poin dari kegiatan yang diikuti untuk dikumpulkan kemudian dapat ditukarkan atau Redeem poin dengan hadiah gimmick yang sudah disediakan.

Normansyah mengatakan, “HCID itu adalah kartu Identitas sebagai Komunitas Honda sama kayak KTP lah, bangga menjadi Komunitas Honda karena komunitas diakui keberadaannya oleh Produsen motor Honda yaitu AHM danperlu diketahui bebersamaan yang kuat, kompak, dan solid IBBP terbangun dari berbagai suka-duka banyak nya pengalaman pahit-manis atas kegiatan dan aktivitas yang kami lakukan jalani dan lalui secara bersama-sama sehingga merasakan rasa persaudaran dalam berkomunitas ini menjadi keluarga didalam IBBP" ujar Ketua IBBP ini.

"Rencana atau plan IBBP di Tahun 2021 ini tetap sama ada kopdar, sunmori, touring , anniversary 11th IBBP namun tetap berfokus dan berpegang pada aturan pemerintah  wilayah Kabupaten Paser yaitu penerapan Protokol kesehatan dan juga kegiatan yang akan kami lakukan tentunya lebih banyak akan melakukan kegiatan sosial atau CSR yang kiranya mudahan bisa menjadi berkah buat Internal IBBP sendiri dan juga menjadi kebahagiaan buat masyarakat yang membutuhkan" kata Ade Azme Selaku Penasihat IBBP

Bagi kalian yang mempunyai motor Honda Beat di wilayah Kabupaten Paser, ingin menjadi keluarga kami dan mau belajar berorganisasi atau yang pengen mengikuti dan ingin tahu kegiatan-kegiatan seputar IBBP apa saja, Bisa melalui Official Account Instagram IBBP dan langsung Follow atau DM saja.

Terima kasih semuanya,

Salam Satu Hati dan Salam Sehat buat kita semua se-Indonesia

 

 

Best Regards,

Daniel Natanael Toghas

PIC Community Astra Motor Kaltim 1

 

 

 

 

 

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK