NEWS
DETAILS
Rabu, 12 Jul 2017 08:50 - Komunitas Astra Motor Balikpapan

Sebanyak 20 Komunitas Honda dari kota Balikpapan-Samarinda dan sekitarnya hadir di kegiatan "Track Day" yang digelar di Sirkuit Kalan, Samarinda pada Minggu (9/7).

"Ajang Track Day di Sirkuit Kalan Samarinda ini digelar atas kerja sama PT. Astra Honda Motor selaku ATPM, Astra Motor Balikpapan selaku Main Dealer area Kaltim serta Komunitas Motor Honda,"

Sementara itu Ibnu Fachrizal, selaku Safety Riding Instructor dan PIC Honda Community Astra Motor mengatakan, "untuk menjadi bagian dari komunitas sepeda motor maka harus mempunyai keterampilan yang mumpuni dalam berkendara termasuk harus bisa membedakan mana lokasi untuk balap dan mana lokasi untuk umum. Tidak sekadar masuk dalam satu komunitas tapi sebagai komunitas harus mengetahui cara berkendara dengan baik, sehingga masyarakat menilai komunitas motor positif tidak seperti komunitas yang suka kebut-kebutan di jalan raya yang merupakan tempat umum. Saat ini lanjutnya, banyak masyarakat yang menilai citra komunitas motor buruk karena tidak ramah di jalan raya sehingga untuk mengembalikan penilaian menjadi positif maka komunitas itu sendiri yang harus mengubah dengan tidak melakukan balap liar di jalan raya. Untuk itu, lanjutnya, Track Day ini digelar di sirkuit yang memang tempat yang benar untuk melakukan latihan ataupun balapan, bukan balapan di jalan raya"

Ajang ini digelar sekaligus menjadi wadah menyalurkan hobi dari komunitas, termasuk menjadi ajang silaturahmi dari masing-masing komunitas karena saat ini masih dalam suasana Lebaran.

"Saya senang karena antusias peserta di tahun ini lebih baik dan lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, terlihat dari banyaknya peserta dari beberapa komunitas yang tersebar di Kaltim," ujar Rizal


Track Day kali ini merupakan gelaran yang kedua kalinya diselenggarakannya setelah acara serupa pernah digelar tahun lalu dengan konsep yang sama. 

Namun bedanya, jumlah peserta tahun ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya, bahkan jumlah komunitas juga bertambah dari berbagai daerah di Provinsi Kaltim.

"Tercatat sebanyak 100 peserta telah mengikuti `test ride` dan `fun track day` di lintasan Sirkuit Kalan. Pesertanya antara lain dari Kota Balikpapan, Penajam, Samarinda, Bontang, Sangatta, dan ada yang datang dari Sanga-Sanga, Kabupaten Kutai Kartanegara," ujarnya.

RELATED
NEWS