NEWS
DETAILS
Senin, 10 Apr 2017 18:15 - Komunitas Astra Motor Balikpapan

Bertempat diarea parkir BSCC Dome Balikpapan (08/04/17), Astra Motor Balikpapan selaku Main Dealer resmi sepeda motor Honda area Kaltim & Kaltara menggelar agenda kegiatan rutin tahunan yaitu Safety Riding Community Regional Competition 2017. Sekitar 20 perwakilan Komunitas Honda yang bernaung dibawah koordinasi Astra Motor Balikpapan bersaing memperebutkan posisi terbaik, yang dimana perwakilan terbaik (juara 1) akan menjadi peserta di kompetisi tingkat Nasional tahun 2017 ini di kota Surabaya.

Kompetisi kali ini menggunakan sepeda motor Honda All New CB150R Streetfire yang memiliki mesin bertenaga namun tetap nyaman serta stabil ketika dikendarai para peserta. Pada sesi pertama kompetisi para peserta dihadapkan pada penilaian diarea Plank Riding, yaitu papan besi yang memiliki ukuran panjang 15m dan lebar 30cm. Area Plank Riding ini adalah area dimana para peserta wajib berjalan diatas papan dengan kecepatan yang sangat rendah, namun ban motor dilarang terjatuh dari atas papan besi. Selain menguji keseimbangan para peserta ketika diatas motor, juri juga menilai aspek posisi berkendara biker seperti pandangan mata, bahu/pundak, siku, tangan, pinggul, lutut & kaki.

Setelah sesi / area Plank Riding sudah dihadapi para peserta, mereka melanjutkan perjuangan dikompetisi ini dengan menjajal area Slalom Phylon. Area ini yang dinilai adalah mencari catatan waktu peserta yang paling cepat tanpa menyentuh rintangan (Safety Cone) yang disusun oleh panitia dan peserta melewati rintangan tersebut secara zig-zag bolak-balik.Tujuannya adalah bagaimana biker bisa mengerti serta memahami pola buka-tutup gas & menghandle stang kemudi sepeda motor dengan rileks.

Di sesi terakhir, para peserta menjalani penilaian untuk area Slalom Course. Kembali diarea ini peserta dihadapkan dengan rintangan (safety cone) yang sudah disusun oleh tim juri. Berbeda dengan sesi Slalom Phylon yang rintangannya disusun secara lurus, kali ini di area Slalom Corse rintangan dibuat menyebar seperti membentuk jalur dan para peserta wajib menghafal jalur tersebut. 

Dari semua sesi yang telah dilombakan, maka diperoleh 3 pemenang pada kompetisi Regional tahun 2017 kali ini. Bro Fajrin perwakilan dari CBR Club Samarinda menjadi Juara 1 dan berhak menjadi perwakilan yang akan berkompetisi di tingkat Nasional 2017 bertempat dikota Surabaya pada 13-19 Mei 2017 mendatang, disusul oleh Bro Haga (Tiger Community Samarinda) dan Bro Rizky (Samarinda Scoopy Club) yang menjadi Juara 2 serta Juara 3.

Bro Rizal selaku Safety Riding Instructor & PIC Honda Community Astra Motor Balikpapan mentargetkan Bro Fajrin masuk dalam pemenang 3 besar pada kompetisi Nasional 2017 mendatang. 

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK