NEWS
DETAILS
Rabu, 31 Mar 2021 15:53 - Komunitas Astra Motor Balikpapan

Balikpapan - Terobosan baru yang dihadirkan oleh produsen motor di Indonesia yaitu PT Astra Honda Motor (AHM) kembali membuat perbincangan hangat dikalangan publik dan masyarakat dengan hadirnya motor segmen matic premium generasi terbaru yakni adalah "All New Honda PCX160" dengan tagline "Ultimate Excellence" yang mengusung mesin 160cc 4 Valve eSP+. All New Honda PCX 160 ini secara resmi sudah di launching dan diluncurkan oleh PT. AHM tepatnya pada 05 Februari 2021 kemarin secara virtual, di waktu selanjutnya pun tepatnya pada 28 Februari 2021 Main Dealer Regional Astra Motor Kaltim 1 (Balikpapan) juga telah melakukan secara resmi launching dan memperkenalkan motor All New Honda PCX160 ke Daerah wilayahnya (Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, Berau, Tarakan, Nunukan, dan Tanjung Selor) yang dilakukan secara virtual lewat account official Instagram dan Facebook-nya yaitu @welovehonda.kaltim.

Motor All New Honda PCX160 ini banyak mendapatkan antusias yang besar oleh publik akan kehadirannya, melihat dari design/tampilannya yang lebih gagah dan keren lalu performa-nya yang dinilai menjadi semakin nyaman saat dikendarai, canggih dan juga bertenaga dalam berbagai situasi baik digunakan untuk keseharian maupun touring perjalanan jauh.

Saat ini Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 sedang melangsungkan Activity Pameran dengan tema “PCX Autoshow” yang berlangsung pada tanggal 27 Maret 2021 hingga 04 April 2021 berlokasi di salah satu Mall terkenal di Kota Balikpapan BSB, Ewalk. Pada kegiatan ini Astra Motor Kaltim 1 juga turut mengundang Komunitas Honda PCX di Kota Balikpapan yaitu diantaranya ialah :

1. Honda PCX Club Indonesia (HPCI) Chapter Balikpapan

2. Honda Riders PCX Indonesia (HRPI) Chapter Balikpapan

3. PCX Owner Balikpapan (POB)

Komunitas Honda PCX Balikpapan diundang menghadiri pameran kegiatan PCX Autoshow sekaligus mendapatkan kesempatan untuk dapat melihat secara langsung tampilan dan design dari All New Honda PCX160 dan tentu pastinya juga merasakan sensasi mengendarainya dalam kegiatan "All New Honda PCX160 Riding Experience". Berikut komentar dan pendapat Komunitas Honda PCX Balikpapan mengenai All New Honda PCX160 dari segi Design/tampilan, Fitur/teknologi, dan Riding Experience :

Impresi Design dan Tampilan All New Honda PCX160 :

Pada kesempatan ini komunitas Honda PCX Balikpapan memberikan pendapat mengenai All New Honda PCX160 terlihat tidak jauh berbeda dengan motor generasi sebelumnya yang mereka miliki, Namun ada beberapa ubahan yang terlihat sehingga menjadikan motor Honda PCX160 ini menjadi lebih gagah dan keren dimulai dari bagian depannya terutama pada bagian lampu utama yang dimana terlihat lebih agresif dan tentunya mengusung sistem pencahayaan tetap menggunakan teknologi LED. Melihat bodi samping All New Honda PCX160 menurut mereka tidak banyak berubah secara besar dan dimensi hampir sama dengan Honda PCX generasi sebelumnya, tetapi terlihat bagian Body samping yang lebih aerodinamis dengan garis tegas yang diusung pada design Honda PCX160 ini. selanjutnya pada bagian belakang, lampu belakang mengalami sedikit perubahan dari tampilannya saja pada bagian lampu belakang dan sein tetap menyatu tentunya lebih terlihat elegan dan modern.

Selain itu, speedometer atau panel meter pada All New Honda PCX160 juga berbeda dengan Honda PCX150 Generasi sebelumnya bentuknya sedikit lebih lebar dan besar, tampilannya saat motor dihidupkan bener-bener menunjukkan kesan mewah dan juga mampu memberikan informasi pada setiap indikator-indikator yang ditampilkan secara lengkap. Knalpot pada Honda PCX160 ini mengalami perubahan design dari bentuk silencer dan cover-nya yang lebih besar sehingga tampak lebih Sporty dan juga design velg yang disematkan pada motor ini berubah dan ukurannya pun juga berbeda antara depan dan belakang yakni 14 inci bagian depan dan 13 ini bagian belakang. kemudian yang tidak kalah pentingnya ialah memiliki kapasitas bagasi yang lebih besar dari sebelumnya yakni 30 Liter dan juga kapasitas tangki bahan bakar menjadi 8,1 Liter dan perubahan pada bagian ruang kaki pengendara menjadi lebih panjang 3 cm sehingga menjadi lapang dan nyaman.

All New Honda PCX160 ini hadir dengan 2 (dua) tipe yang dibedakan dari sisi pengeremannya yakni, Tipe CBS dan ABS. Pada tipe CBS ditawarkan 4 (empat) pilihan warna, antara lain : Marvelous Matte Grey, Majestic Matte Red, Wonderfull White, dan Glorious Matte Black, Sedangkan pada tipe ABS dihadirkan 4 (empat) pilihan warna juga yakni Majestic Matte Red, Royal Matte Blue, Wonderful White, dan Brilliant Black.

Fitur dan Teknologi All New Honda PCX160 :

All New Honda PCX160 mengusung mesin generasi terbaru dengan berkapasitas 160cc 4 katup eSP+ yang tentunya membuat motor ini semakin bertenaga. Banyak fitur dan kecanggihan yang dimiliki motor All New Honda PCX160 ini dilengkapi dengan sistem kunci kontak "Smart Key" dimana menyalakan motor tentu lebih praktis dengan menggunakan "remote keyless" yang tentunya menjadikan pengguna merasa lebih aman saat parkir dan meninggalkan motor. Adanya USB Charger, dimana pada motor All New Honda PCX160 ini tidak perlu lagi membeli dan menggunakan socket tambahan untuk pengisian daya baterai handphone, jadi cukup membawa kabel charger bawaan handphone saja. Menurut mereka hal ini sangat membantu saat melakukan touring, tetap bisa mengambil moment dokumentasi di perjalanan tanpa repot lagi socket tambahan rusak atau tertinggal, jadi cukup bawa kabel charger saja. Fitur lainnya yang terbaru pada All New Honda PCX160 ini yaitu Honda Selectable Torque Control atau disingkat HSTC yang dimana hanya disematkan pada varian tipe ABS dan e;HEV yang berguna untuk men-stabilkan laju motor saat berkendara dan mencegah roda belakang agar tidak slip ketika buka gas secara mendadak di kondisi jalan yang licin.

All New Honda PCX160 Riding Experience :

Kegiatan All New Honda PCX160 Riding Experience ini membuat Komunitas Honda PCX antusias mengikutinya dikarenakan ini adalah momen yang ditunggu untuk dapat merasakan sensasi mengendarai motor Honda PCX generasi terbaru ini. Area Riding Test sudah dipersiapkan untuk Komunitas Honda PCX Balikpapan maupun konsumen yang mau mencoba mengendarai All New Honda PCX160 ini. Tentunya di era Pandemi Covid-19 ini banyak aturan yang harus diberlakukan yaitu protokol kesehatan saat akan mencoba test ride, yakni peserta wajib menggunakan riding gear milik pribadi (Helm, Jaket, Sarung Tangan), disediakan juga shower cap kepala dan sarung tangan plastik apabila ingin menggunakannya juga. Selain itu form registrasi test ride kali ini tidak dilakukan secara manual tetapi via online secara Scan Barcode, Hal ini guna mengurangi kerumunan saat pengisian registrasi di tenda test ride dan menghindari penggunaan alat tulis secara bergantian.

Sebelum melakukan kegiatan, Daniel Natanael Toghas selaku PIC Honda Community Astra Motor Kaltim 1 melakukan briefing dengan memberikan arahan mengenai rute dan aturan-aturan protokol kesehatan saat menggunakan test ride. Komunitas Honda PCX Balikpapan satu per-satu secara bergantian mencoba motor All New Honda PCX160 ini, dan berikut ulasan komentar mereka akan sensasi berkendara menggunakan All New Honda PCX160 :

Posisi Riding Postur All New Honda PCX160 tidak berbeda dengan generasi sebelumnya masih tetap nyaman dan santai. Kondisi jok dibilang tidak jauh berbeda juga dengan PCX150 tidak terlalu keras dan cukup terasa empuk. All New Honda Honda PCX160 mendapatkan ubahan di area kaki yang kini lebih panjang 3 Cm dari generasi sebelumnya sehingga lebih nyaman dan lapang saat mengendarainya. Selain itu, stang atau Wheelbased pada PCX160 terlihat panjang dan besar namun pada saat mengendarai motor Honda PCX160, kondisi medan jalan tikungan tetap memberikan performa yang lincah dan gesit lalu suspensi motor ini yang memiliki panjang 365 mm lebih panjang 15 mm jika dibandingkan dengan Honda PCX generasi sebelumnya sehingga mampu meredam guncangan lebih baik saat melewati kondisi jalan yang bergelombang. Hal lain yang lebih penting adalah akselerasi menjadi jauh sangat berbeda seperti yang biasa kita denger adanya masalah "Gredek" pada Honda PCX generasi sebelumnya, All New Honda PCX160 ini sama sekali tidak dirasakan dan sangat mulus baik di putaran bawah bahkan pada putaran atas malah semakin memberikan dorongan yang lebih optimal.

Saat kegiatan riding test ini berlangsung, pengunjung dan komunitas didampingi oleh Dova Octa selaku Safety Riding Advisor Community untuk memandu dan memberikan arahan mengenai rute test ride yang akan dilalui. Seusainya melakukan riding test pengunjung dan komunitas dipersilahkan untuk kembali ke area tenda untuk mengambil undian berhadiah/gimmick yang sudah disiapkan.


Sodik mengatakan "pengalaman mengendarai All New Honda PCX160 ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, bukan hanya tampilannya saja yang keren, bukan hanya fiturnya yang semakin canggih, tetapi performanya itu juga meningkat dan sesuai espektasi lah", ujar Founder dan Penasihat HPCI Chapter Balikpapan ini.

"Mulus ! Uji coba riding test dilakukan di area mall yang kondisinya padat kendaraan yang parkir, Kondisi pelan di area seperti ini, untuk Honda PCX160, OK ! Kecepatan diatas 100 Km/jam semakin menjadi mulusnya", ujar Yahya Bojes Selaku Ketua HRPI Chapter Balikpapan

Safi menambahkan, "PCX150 sebelumnya gredek terasa, tapi All New Honda PCX160 sama sekali enggak ada, Nyaman dan Halus ! pasti semakin nyaman saat digunakan untuk touring seperti area ruang kaki yang lebih cukup luas, bagasi yang besar, dan ada USB Chargernya yang paling menarik bagi saya", ujar Ketua PCX Owner Balikpapan ini

Besar harapan kami dari Komunitas Honda PCX Balikpapan, mari bagi konsumen yang sudah membeli dan memiliki All New Honda PCX160 atau Honda PCX Series apapun dapat bergabung dan menjadi salah satu bagian keluarga dalam komunitas kami.

#MATICBESARITUPCX160

PIC Community Astra Motor Kaltim 1 :

          Daniel Natanael Toghas

 

 

 

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK